Pengertian dan Tips Cerdas Memilih Web Hosting


Bagi anda yang ingin memasuki dunia maya seperti ingin memiliki sebuah website maupun blog sebaiknya anda perlu terlebih dahulu mempelajari apa itu web hosting dan bagaiman cara agar tidak salah pilih.

Pengertian Web Hosting
Web hosting adalah sebuah layanan internet yang berfungsi sebagai tempat penyewaan tempat untuk menyimpan berbagai macam data atau dokumen yang dibutuhkan oleh sebuah web secara online. Data atau dokumen yang dimaksud dapat berupa gambar, email, aplikasi, artikel, database, dan lain-lain. Web hosting akan sangat memudahkan para user pengguna web untuk menyimpan data-data saat mengelola web dan sangat mempengaruhi perkembangan dari sebuah website. Tak hanya menyimpan data saja, namun data-data tersebut juga dapat dengan mudah anda akses kapan dan dapat pula anda bagikan ke banyak orang yang membutuhkannya. 

Layanan web hosting dapat anda peroleh dari perusahaan penyedia layanannya. Setiap perusahaan biasanya akan menarik biaya sewa layanan setiap bulanan atau tahunan sesuai kesepakatan awal antara user dan penyedia layanan. Biaya sewanyapun sangatlah bervariasi mulai dari puluhan ribuan hingga jutaan tergantung perusahaan dan fasilitas layanan yang diberikan.

Tips Memilih Web Hosting
Ketika anda hendak memilih sebuah web hosting sebaiknya anda terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal berikut, agar layanan web hosting yang anda peroleh nantinya tidak mengecewakan.


1. Kapasitas
Ada beberapa kapasitas web hosting yang biasanya disediakan oleh perusahaan web hosting, mulai dari 25 MB, 50 MB, hingga 1 GB. Pilihlah sesuai kebutuhan, jika kiranya anda ingin menggunakannya untuk website pribadi yang tidak terlalu banyak membutuhkan ruang penyimpanan maka sebaiknya anda memilih kapasitas yang lebih rendah. Semakin besar kapasitas semakin besar pula harga sewanya.

2. Support
Layanan support yang diberikan oleh perusahaan  juga harus anda perhatikan. Sebaiknya pilih yang menyediaan layanan support 24 jam, sehingga kapan saja anda mengalami kendala saat menjalankan web, anda dapat langsung mendapatkan bantuan dari perusahaan hosting tempat anda menyewa layanan.

3. Teknologi
Anda harus mengetahui dengan benar teknologi jenis apa yang digunakan perusahaan hosting dalam web anda, apakah server dari Linux atau menggunakan windows. Selain itu pastikan web hostingnya sesuai dengan file-file yang anda buat, baik itu file dalam bentuk JSP, ASP, Perl, dll.  kadang kala anda membuat file dalam bentuk PHP maka pastikan jika web hostingnya mendukung file PHP tersebut. Hal ini berguna agar tidak terjadi kendala saat anda menyimpan dan membuka kembali file-file di web anda. 

4. Database
Jika anda merupakan pengguna website secara dinamis, maka pastikan perusahaan hosting penyedia layanan juga menyediakan layanan database, selanjutnya anda juga perlu memeriksa jumlah database yang mereka sediakan, seperti My QSL, Access, PostgreSQL, dll.

5. Bandwidth
Bandwidth merupakan besarnya data transfer selama sebulan. Semakin besar bandwidth maka semakin banyak data yang dapat anda transfer dan semakin banyak orang yang dapat mengunjungi website anda.

6. Backup
Pilihlah perusahaan hosting yang menyediakan layanan backup, sehingga saat terjadi kendala dengan server layanan maka data anda masih tersimpan dengan aman dan tidak hilang.

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi web hosting dan cara tepat memilih layanan web hosting agar anda memperoleh web hosting dengan layanan yang memuaskan dan pastinya tanpa harus mengeluarkan budget yang terlalu besar.  Penggunaan web hosting sangat dibutuhkan untuk setiap pengguna internet, terlebih bagi anda yang memiliki website.


0 Response to "Pengertian dan Tips Cerdas Memilih Web Hosting"

Post a Comment