Jenis Server dan Tips Memilih Web Hosting


Web hosting adalah sebuah layanan yang difungsikan untuk menyimpan file-file data atau server. Layanan ini disediakan oleh perusahaan layanan untuk disewakan kepada para pengguna internet.

Jenis-Jenis Server yang Dapat Anda Pakai
Web hosting merupakan sebuah bisnis atau jasa penyedia layanan teknologi internet penyediaan tempat untuk menyimpan file-file data dan dokumen secara online, layanan konektivitas jaringan serta berbagai layanan lainnya yang dibutuhkan oleh para user untuk menyajikan file ke internet.  Server dari web hosting adalah sebuah komputer biasa yang memiliki kelebihan dari segi hardware dan software dasar yang dimilikinya sehingga dapat difungsikan sebagai server, komputer tersebut haruslah berkemampuan online 24 jam. 

Berikut akan dipaparkan beberapa jenis server yang dapat dipakai, yaitu:

1. Shared hosting
Merupakan jenis server yang dapat digunakan secara bersama-sama. Dalam satu server terdapat lebih dari satu nama domain karena memang pemakainya tidak hanya satu orang saja.

2. VPS
VPS adalah singkatan dari virtual privater server atau disebut juga virtual dedicated server yaitu sebuah proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang digunakan oleh server. Server ini dapat digunakan untuk menginstal sistem operasi yang berbeda-beda.

3. Dedicated server
Merupakan server yang digunakan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak dapat difungsikan untuk pengoperasian dalam shared hosting.  Penyediaan server menjadi tanggung jawab dari perusahaan hosting dan bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation server
Merupakan layanan penyewaan tempat yang berguna untuk meletakkan sever untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan dan bekerja sama dengan vendor.

Baca juga:  Pertimbangkan Jenis dari Web Hosting

Tips Memilih Web Hosting
Dalam memilih sebuah jasa web hosting anda tidak boleh sembarangan, karena dapat membuat file-file yang telah anda simpan malah hilang karena pengelolanya tidak professional. Beberapa tips berikut dapat anda gunakan dalam memilih sebuah web hosting.

1. Hal pertama dalam memilih web hosting adalah memperhatikan kebutuhan space dan bandwidth. Space ini sangat mempengaruhi seberapa banyak file yang akan anda simpan.

2. Layanan dan fasilitas layanan seperti software-software yang tersedia di hosting. Semakin lengkap fasilitas artinya semakin banyak layanan yang dapat anda peroleh, beberapa software yang harus anda perhatikan adalah softacolous untuk menginstal CMS seperti wordpress maupun Jomla, serta support dari jasa penyedia layanan hostingnya yang siap membantu anda kapan saja ketika anda mengalami masalah atau kesulitan saat mengelola website anda.

3. Penargetan pengunjung atau visitor. Untuk lebih menghemat bandwidth sebaiknya anda memilih server IIX yang lokal saja untuk visitor Indonesia, sedangkan untuk viositor globar dari luar negeri anda dapat memilih sever US atau Amerika.

4.  Menentukan harga yang sesuai. Harga dari setiap penyewaan layanan web hosting berbeda-beda. Semua tergantung dari webhost yang anda pilih serta kelengkapan fasilitas yang diberikan. Sebaiknya jika layanan web hosting anda peruntukkan untuk website pribadi anda dapat memilih paket yang murah saja sedangkan jika untuk perusahaan besar anda menggunakan yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih mahal agar layanan yang didapat juga sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa tips yang benar-benar harus anda pelajari ketika anda hendak menggunakan sebuah layanan web hosting. Info tersebut berguna agar para penggna atau user tidak salah pilih layanan, kesalahan dalam memilih web hosting akan sangat merugikan, baik segi penyimpanan data yang tidak berjalan lancar sampai biaya yang anda keluarkan akan sangat menguras kantong.


0 Response to "Jenis Server dan Tips Memilih Web Hosting"

Post a Comment