Definisi dan Fungsi Web Hosting


Web hosting adalah sebuah istilah yang pastinya tidak asing lagi bagi anda yang sering menggunakan internet. Apa itu web hosting dan apa fungsinya untuk kita?

Definisi dan Cara Mendapatkan Layanan Web Hosting
Meski istilah web hosting tidak asing bagi mereka para user pengguna internet, namun hanya sedikit dari sekian banyak orang yang mengetahui mengenai pengertian dan fungsi dari web hosting itu sendiri. Web hosting adalah sebuah layanan yang biasanya digunakan untuk melakukan penyimpanan data dari suatu halaman web atau dari aplikasi tertentu yang diakses melalui internet. 


Layanan web hosting dapat anda peroleh dengan mudah di perusahaan webhost, dengan memilih yang paling cocok dengan kebutuhan anda. Layanan ini biasanya disewakan dalam jangka waktu bulanan hingga tahunan dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari yang paling murah yaitu hanya berkisar puluhan ribu saja hingga ke harga yang cukup mahal yaitu mencapai jutaan rupiah. Harga tersebut dipengaruhi dari jangka waktu sewa dan juga kelengkapan fasilitas layanan yang disediakan setiap perusahaan.


Fungsi Web Hosting
Berbicara mengenai web hosting tentunya kita tidak boleh luput dari membicarakan fungsinya, karena memang itu bagian terpentingnya. Sebagaiman kita ketahui, web hosting adalah layanan yang dapat anda manfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan data.  Data-data yang tersimpan di sini  dapat dengan mudah anda akses kapan saja dan dimana saja ketika anda butuhkan. Data-data yang tersimpan tersebut juga dapat anda bagikan kepada banyak orang. Ada banyak data yang dapat anda simpan di layanan web hosting, mulai dari artikel, berita, cerita dan beragam dokumen lainnya, bahkan informasi mengenai aplikasi onlinepun dapat anda simpan di layanan hosting.

Contoh Web Hosting
Ketika anda ingin menggunakan layanan web hosting, anda akan dihadapkan dengan beragam pilihan layanan. Anda harus benar-benar jeli dalam memilih layanan yang ditawarkan, sehingga layanan yang anda peroleh nantinya sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa contoh web hosting yang paling banyak menjadi incaran dan dapat anda pertimbangkan yaitu:


1. Virtual hosting
Merupakan pilihan layanan yang paling banyak digunakan oleh user saat ini, populernya layanan ini dikalangan user bukanlah tanpa sebab, hal ini dikarenakan layanan virtual hosting memiliki harga sewa yang lebih murah daripada jenis lainnya.

2. Free hosting
MerupakaN jenis layanan hosting yang lebih diperuntukkan untuk para pemula, kekurangan layanan ini adalah cukup banyaknya iklan yang kadang kala dapat mengganggu aktivitas anda.


3. Dedicated hosting
Merupakan layanan hosting yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan, kelebihannya adalah memiliki server dan domain milik sendiri.


4. Collocated hosting
Merupakan layanan hosting dengan harga sewa ynag paling mahal daripada tipe-tipe lainnya. Layanan ini memiliki kelengkapan fasilitas yang sangat mumpuni dengan server pada layanan yang ada langsung pada perusahaan penggunanya.

Itulah beberapa contoh layanan hosting yang harus anda ketahui, dengan mengetahui definisi, fungsi serta contoh layanan hosting pastinya akan semakin memudahkan anda dalam memilih sebuah layanan hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Menggunakan layanan hosting tentunya akan sangat memudahkan anda dalam berselancar di internet dan membuat blog dan website anda semakin berkembang pesat. Dengan layanan ini segala informasi dapat dengan mudah anda simpan, anda akses kembali dan anda bagikan ke banyak orang. 


Setelah anda memahami istilah web hosting tentunya fungsi dari web page juga akan lebih mudah anda tangkap.


0 Response to "Definisi dan Fungsi Web Hosting"

Post a Comment